Senin, 19 Juli 2010

KINERJA GURU DI DKI JAKARTA

(Suatu Tinjauan Terhadap Kompetensi dan Kompensasi Yang Diterima Oleh Guru di DKI Jakarta)

Leonard
081382939050
Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta
e-mail: leonard@unindra.net

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh antara kompetensi guru dan kompensasi yang diterima guru terhadap kinerja guru.
Penelitian ini merupakan penelitian survei, dengan wilayah penelitian DKI Jakarta. Sampel diambil menggunakan teknik cluster area yang dikombinasikan random sampling yang tersebar di 5 wilayah DKI Jakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kompetensi guru, kompensasi yang diterima guru dan kinerja guru adalah angket yang masing-masing berjumlah 38 soal, 26 soal dan 60 soal dan setelah diadakan uji kualitas instrumen, maka ketiga instrumen tersebut dinyatakan valid dan reliabel, selanjutnya data diolah dengan analisis jalur.
Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut : 1) Ada pengaruh langsung kompetensi guru terhadap kinerja guru, 2) Tidak ada pengaruh langsung kompensasi yang diterima guru terhadap kinerja guru, 3) Ada pengaruh tidak langsung kompensasi yang diterima guru terhadap kinerja guru melalui kompetensi guru, dan 4) Tidak ada pengaruh tidak langsung kompetensi guru terhadap kinerja guru melalui kompensasi guru.
Secara umum penelitian ini berhasil membuktikan bahwa kompetensi sangat berperan dalam mendukung kinerja guru dan juga membuktikan bahwa profesi guru masih memegang prinsip “pahlawan tanpa tanda jasa”, artinya seberapapun kompensasi yang diterima oleh guru, mereka tetap menampilkan kinerja yang baik.

Kata Kunci : kompetensi, kompensasi, kinerja, guru, analisis jalur

Artikel ini telah diseminarkan dalam Seminar Nasional Matematika di Universitas Parahyangan Bandung, tahun 2009.

Segala hal tentang penelitian dalam bidang matematika dan pendidikan matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dalam Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika